Thursday, July 19, 2012

Cara Merubah Nama Icon Di Daftar Menu N900

Cara Merubah Nama Icon Di Daftar Menu N900 - Sesekali mungkn kita pernah merasa tidak nyaman dengan nama icon yang terlalu panjang ataupun tidak cocok dengan apa yang kita inginkan di daftar menu nokia N900 (ROVER), lalu dengan semangat 45 kita mencoba mencari cara untuk merubah nama icon di daftar menu N900 tersebut, setelah berlama-lama mencari akhirnya lambat laun ada rasa kecewa karena tidak menemukan apa yang kita kehendaki, tanpa sadar mungkin kita sejenak berfikir "ribet amat sih pake rover".

satu hal yang mungkin belum pernah Anda sadari ialah banyak hal yang mungkin kita lakukan di Rover yang tak mungkin di lakukan di handphone lain. dan salah satunya yaitu mengganti nama icon di daftar menu N900. dengan membaca artikel ini Febbiez berharap rasa kecewa yang Anda rasakan setelah berjuang keras untuk mencari cara tersebut menjadi hilanng dan berganti dengan senyuman karena Febbiez mempunyai satu cara agar nama icon di daftar menu N900 dapat di rubah. perhatikan baik-baik step by step yang Febbiez uraikan berikut ini.

bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan:
Filebox, Anda bisa mendownloadnya di app manager.
Leafpad, Anda juga bisa mendownloadnya do app manager.

Langkah 1.
setelah keduanya terinstall Anda cari dan jalankan Filebox di daftar menu, klik icon setting di sebelah kanan bawah (icon No.2 dari bawah), setelah menunya muncul pada bagian start in rubah menjadi devices, di bagian text editor rubah menjadi Leafpad, beri tanda ceklist pada "Enable root acces" dan "show hidden files and folder"
jika sudah langsung saja klik tanda panah/back di sudut kanan atas.

Langkah 2.
menuju ke /usr/share/applications/hildon
di folder hildon ini terdapat semua aplikasi yang ada di daftar menu N900.

Langkah 3.
cari dan pilih aplikasi apa yang ingin Anda rubah namanya,
misal Anda ingin merubah nama aplikasi Filebox, Anda tinggal mencari file dengan nama filebox.desktop, dan untuk cara merubahnya silakan klik dan tahan pada file filebox.desktop sampai keluar menu kemudian pilih edit di dalam menu tersebut. maka Leafpad akan terbuka dan menampilkan isi dari file filebox.desktop, kurang lebih isinya seperti berikut.
[Desktop Entry]
Encoding=UTF-8
Version+0.1
Type=Applications
Name=Filebox
Exec=filebox
Icon=filebox
Comment=File manager with root acces and more
X-Osso-Type=applications/x-executable
Categories=System;

perhatikan text yang berwarna merah dan hijau, ganti text yang berwarna hijau dengan nama sesuai keinginan Anda, jika sudah klik/tab pada bagian atas (sebelah kiri indikator batery) dan pilih save.
kemudian silakan keluar dari text editor dan filebox, masuk ke daftar menu dan lihat nama icon yang telah Anda rubah tadi.
NB: cara ini berlaku untuk semua nama icon di daftar menu nokia N900 (ROVER)

5 komentar

Mantap kang Bos, ane l um pnya hp sprti itu, cm pnya hp bosok .hehe

haha... yg penting bisa di pakai ngewap mas ^D^
btw terimakasih atas kunjungannya.

Gan minta tlg gmn caranya nginstal aplikasi java di rover. Thx sblmnya.

ma'af baru sempat bls om.
untuk menjalankan aplikasi java bisa menggunakan micro emulator om, download di app manager.

Anonymous

Min Nitdroid cm9 lancar apa gak, kok comment sebelah katanya minta password ?



Post a Comment

Silakan memberikan komentar demi kemajuan blog ini.

^