Wednesday, April 25, 2012

Belajar Dasar-Dasar Perintah SQL Dengan Cepat part 3

Melanjutkan tutorial Belajar Dasar-Dasar Perintah SQL Dengan Cepat, kali ini Febbiez akan membahas tentang Perintah SELECT, Perintah ini sangat sering sekali dipakai dan paling efektif dalam mengelola (meng Query) Data. Dan apabila dibandingkan dengan bahasa program lain dalam mengelola atau meng Query data Perintah SELECT di SQL ini sangat mudah sekali dan sangat efisien dalam melakukan tugas-tugasnya dan juga mempunyai kecepatan yang sangat tinggi sekali. Untuk itulah kenapa SQL dijadikan bahasa standard dalam pemrograman komputer. Jadi sebagian besar mungkin seluruh bahasa pemrograman banyak mengacu kepada bahasa SQL ini, sehingga bahasa-bahasa program selalu menyediakan fasilitas untuk menjalankan perintah-perintah SQL.

Perintah SELECT sangat domininan sekali digunakan apabila kita membuat program lewat SQL, dan Perintah ini banyak sekali kombinasi-kombinasinya sehingga butuh banyak pengalaman juga dalam melakukan kombinasi-kombinasi tersebut. Tetapi Programmer yang berpengalaman sangat menyukai Perintah ini, karena sangat membantu sekali dalam pembuatan suatu Aplikasi.

Perintah dasar SELECTadalah sebagai berikut :

SELECT* FROM table_name

example : SELECT* FROM tb_brg

Tanda bintang menyatakan keseluruhan fied yang akan ditampilkan. Tapi ada kalanya kita hanya ingin menampilkan field tertentu saja maka perintahnya menjadi :

SELECT kode_brg, nama_brg FROM tb_brg

ORDER BY

Perintah ini dapat digabungkan dengan Perintah SELECT diatas. Fungsinya untuk mengurutkan data berdasarkan nama_field tertentu.

example : SELECT kode_brg, nama_brg FROM tb_brg ORDER BY kode_brg

dari perintah tersebut Query yang dihasilkan akan urut berdasarkan dengan kode_brg dan urutan dari Kecil ke Besar (ASCENDING).

Dan apabila urutan ingin kita balik dari Besar ke Kecil (DESCENDING) maka perintah menjadi

SELECT kode_brg, nama_brg FROM tb_brg ORDER BY kode_brg DESC
WHERE

Perintah ini untuk memberikan syarat data akan ditampilkan.
Untuk memudahkan saya dalam memberikan penjelasan baiknya kita memakai DATABASE yang sudah tersedia atau bawaan dari SQL Server.

Jalankan perintah USE northwind

Perintah USE disini artinya kita menggunakan DATABASE yang bernama nortwind, dan DATABASE ini sudah tersedia di SQL Server. Sekarang coba jalankan perintah berikut :

1. SELECT productID, productName, categoryID FROM products
2. SELECT productID, productName, categoryID FROM products WHERE categoryID = 2

Kita bisa membandingkan langsung antara 1 dan 2, dimana perintah 1 merupakan perintah tanpa bersyarat sehingga seluru data akan ditampilkan. Sedangkan perintah 2 merupakan perintah bersyarat dimana hanya categoryID = 2 saja yang akan ditampilkan.
Perintah WHERE operatornya berbeda-beda seperti berikut :

1. = : untuk menyatakan sama dengan.
2. >= : untuk lebih besar atau sama dengan,
3. <= : lebih kecil atau sama dengan.
4. <> : tidak samadengan,

dan banyak lagi operator-operator yang bisa digunakan yang tidak bisa jelaskan disini dan nantinya akan saya jelas pada session tersendiri saja.

INNER JOIN.

Perintah ini merupakan untuk merelasikan data antara 2(dua) atau lebih table yang berbeda
example :

1. SELECT* FROM products
2. SELECT* FROM categories
3. SELECT SELECT a.productID, a.ProductName, b.CategoryName FROM products a inner join categories b

ON a.categoryID = b.categoryID

Perintah 1 : menampilkan isi products

Perintah 2 : menampilkan isi categories

Perintah 3 : menampilkan isi dari 2(dua) table yang berbeda yang di relasikan berdasarkan field categoryID. Untuk ‘a’ dan ‘b’ diatas merupakan suatu ALIAS untuk meringkas nama table.

Dalam merelasikan table ini ada juga yang menggunakan LEFT JOIN dan RIGHT JOIN yang nantinya juga akan saya jelaskan pada sesion tersendiri saja.

Untuk Perintah SELECT Febbiez rasa sudah cukup sampai disini, dan pada pembahasan berikutnya kita akan menggunakan DATABASE bawaan dari SQL Server saja untuk meringkas pembahasan.



Incoming Search



Post a Comment

Silakan memberikan komentar demi kemajuan blog ini.

^